Bagaimana Meningkatkan Penjualan Dengan Prinsip Persuasi

Saya barusan membaca sebuah ebook yang sudah lama di desktop saya, ebook yang saya baca kali ini adalah ebook tentang gabungan antara psikologi dan marketing.

Bagaimana dengan memanfaatkan ilmu psikologi anda bisa meningkatkan penjualan dengan mudah.

Berikut tips psikologi persuasi yang bisa meningkatkan omzet bisnis anda

Persuasi

1. The Law of Reciprocity – Hukum Timbal Balik

Tentunya anda pernah menerima hadiah dari teman pada saat ulang tahun yang berkesan bagi anda. Anda pasti akan mengingat hari ulang tahun teman anda tersebut dan ingin membalas dengan memberikan hadiah yang juga berkesan baginya.

Ini adalah salah satu hukum timbal balik, orang akan cenderung melakukan balas budi. Jadi untuk meningkatkan penjualan lakukan tips ini dengan memberikan informasi yang gratis tapi menarik dan bermanfaat yang tentunya berkesan bagi calon pelanggan anda. Anda bisa membuatk video, ebook atau souvenir bermanfaat secara gratis kepada pengunjung anda.

2. The Law of Commitment and Consistency

Manusia cenderung untuk mengikuti dan konsisten terhadap apa yang mereka yakini walaupun itu bisa saja salah. Prakteknya anda bisa membuat pengunjung website anda melakukan komitmen kecil secara terus menerus. Bisa dengan share artikel ke facebook/twitter sosil media lainnya, mengisi formulir berlangganan untuk mendapatkan ebook gratis, menyediakan produk murah sebagai untuk menghilangkan mental gratisan, berikan tips atau insentif bagi pengunjung yang bersedia melalukan hal yang anda instruksikan.

3. The Law of Liking

Ketika seseorang sudah menyukai anda, dia akan dengan mudah untuk membeli produk yang anda jual atau referensikan. Seperti kata Robert Cialdini Orang lebih mudah mengatakan “YA” kepada orang mereka kenal dan sukai.

Bagaimana agar orang lain menyukai anda?

1. Anda memiliki kesamaan, bisa satu profesi, hobi, daerah
2. Anda memberikan pujian yang tulus
3. Anda baik kepada orang tersebut

4. The Law of Sosial Proof

Orang cenderung akan mengikuti apa yang dilakukan oleh kebanyakan orang atau figur yang memiliki authority dalam bidang tersebut. Untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan prinsip ini salah satunya adalah dengan menggunakan testimoni dari Figur terkenal atau expert.

5. The Law of Authority

Salesman terbaik di dunia adalah rekomendasi, berhubungan dengan the Law of Sosial Proof. Rekomendasi dari para ahli dalam bidangnya bisa mengangkat nilai penjualan anda. Karena orang lebih percaya kepada orang yang ahli dibidangnya.

Contoh ini bisa anda temukan pada iklan pepsodent, sabun mandi Lifebouy, pada iklan tersebut ada figur authority yang menjelaskan manfaat dari penggunakan produk yang mereka iklankan.

6. The Law of Scarcity – Hukum Kelangkaan

Anda pasti sering mengalami ini, biasanya diskon berlaku pada saat tertentu dan waktu tertentu. Dengan menggunakan prinsip ini biasanya akan mendongkrak penjualan dengan cepat karena manusia takut akan kelangkaan atau keterbatasan. Prinsip ini banyak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepenting marketing.ik

Prinsip kelangkaan sendiri adalah permintaan yang banyak tapi suplai yang sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *